Thursday, March 22, 2012

Persiapan Membuat Blog


Bertemu lagi dengan saya, setelah kemarin saya tidak posting karena ada sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan, pada postingan saya kemarin membahas tentang Mengulas Tentang Amazon. Kali ini saya akan membahas tentang "Persiapan Membuat Blog". Mungkin anda berpikir, orang-orang membuat blog untuk apa yah? Dan mungkin juga anda berpikir mungkin para blogger adalah orang yang tidak punya kerjaan jadi mereka menuliskan uneg-uneg mereka kedalam blog mereka. Tapi apakah anda tahu fungsi blog seutuhnya? Kalau menurut saya, ada beberapa fungsi blog yang mungkin anda orang awam tidak tahu bahwa blog bisa menjadi sarana penghasilan sambilan yang pasif. Dan ada juga yang menjadikan blog sebagai penghasilan sehari-hari. Banyak blogger sukses yang sudah meraih dolar di internet. Lalu bagaimana caranya? Banyak sekali caranya (lihat postingan saya). Kembali ke Topik, bagaimana cara membangun blog dari awal? Ok saya akan jelaskan.
  • Pertama anda harus menentukan nama blog, contohnya blogku.blogspot.com (jika menggunakan blogger), atau blogku.worpress.com (jika menggunakan wordpress), atau juga seperti blog ini : www.samagaha.com (jika anda membeli nama domain .com). Apa sih perbedaan domain gratisan seperti blogspot.com dengan domain berbayar seperti .com? Sebetulnya tidak ada perbedaan, cuma jika sebuah blog menggunakan domain berbayar, akan terlihat lebih profesional.
  • Kedua, anda harus menentukan judul dari blog anda, contohnya seperti blog ini. Kumpulan Artikel, Tutorial, Tips dan Triks. Anda bisa mengexplore untuk menentukan judul blog anda sendiri.
  • Ketiga, Tentukan Keyword blog anda. Contohnya seperti : artikel tutorial tips triks download gratis internet. Dalam menentukan keyword tidak boleh asal-asalan. Keyword ditentukan dari konten blog anda.
  • Keempat, Tentukan Pages dalam blog anda. Didalam blog tidak diharuskan adanya sebuah page atau halaman, tetapi pages digunakan untuk melihat kesempurnaan blog. Kalau di blog ini pagesnya seperti : Beranda, Tentang Saya, Tukeran Link. Anda bisa membuat page anda sendiri dengan kreasi anda sendiri.
  • Kelima, Tentukan kategori. Banyak blogger yang salah dalam pembuatan blognya. Blogger biasanya membuat postingan dulu, tetapi cara itu tidak efektif. Supaya lebih efektif, anda harus menentukan dulu Kategori -kategori yang anda akan buat, dan jangan lupa, kategori tidak boleh lepas dari keyword.
  • Keenam, tentukan tema dan Pasang widget yang berguna untuk blog anda, dan jangan terlalu banyak widget karena akan mengakibatkan blog anda semakin berat. Pasanglah widget dengan bijaksana, contohnya seperti widget user online atau widget alexa dll. Lihat postingan saya yang ini.
  • Ketujuh, memulai untuk posting. Ingat jangan berpikir ingin langsung mempunyai banyak postingan, bersabarlah, update blog anda secara teratur, dan yang harus anda tahu, google menyukai konten yang original, jadi buatlah topic anda sendiri, pertama tidak akan terlalu bagus, tapi nanti juga akan terlihat profesional.
Saya rasa itu cukup, saya harap topic ini berguna bagi anda yang ingin membangun sebuah blog.

Kalau artikel ini bermanfaat silahkan berlangganan artikel saja, atau boleh copy paste dengan catatan harus ada sumber dari www.samagaha.com.

StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

Baca Juga Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Alexa Rank

 

Komputer | Internet | Bisnis Online. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com